Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Hapus

Pada tutorial kali ini, saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya dari Form Bukutamu yang sudah kita buat dulu bagaimana cara memfungsikan Bukutamu yang sudah kita buat kemaren layaknya Program yang sudah jadi.
Form Bukutamu Menjadi Dinamis Hapus
Membuat Form Bukutamu Menjadi Dinamis Hapus

Oke untuk yang kedua, saya akan memberikan penjelasan yang sangat detail mengenai cara membuat Form Bukutamu agar data nantinya tidak hanya bisa disimpan, melainkan juga bisa dihapus.

Buat kalian yang ketinggalan dengan tutorial Menyimpan Data Pada Form Bukutamu, silahkan baca artikel dibawah ini :


Baca Juga : 


Jadi, kalian tidak hanya bisa menginputkan, akan tetapi juga bisa menghapus data yang sudah kita inputkan tadi.

nah, buat kalian nih yang ketinggalan dengan tutorial pembuatan Form Bukutamu, bisa dibaca kembali kok hehehehe.


Baca juga : 


Setelah kalian buat Form Bukutamunya, selanjutnya kita buat source code atau perintah hapus dari data yang ada pada database, agar kita dapat menghapus data yang kita inginkan.

Berikut Source code untuk Menghapus data input data.

PHP
<html>
<head>
<title>Bukutamu</title>
</head>
<body>
<?php

mysql_connect("localhost","root","") or die (mysql_error());
mysql_select_db("bukutamu") or die (mysql_error());

$No = $_GET['id'];
$sql = "DELETE FROM bukutamu WHERE id='$No'";

$qry = mysql_query($sql)
or die("Query gagal".mysql_error());

if($qry){
//    echo "Data Berhasil di Hapus";
    include "Tampil.php";
}
else
    echo " Gagal Menghapus Data";
    exit;

?>
</body>
</html>

Simpan source code diatas dengan nama HapusData.php dan jadikan folder dengan index.html atau index.php yang sudah kalian buat.

Penjelasan :

Pertama
mysql_connect("localhost","root","") : Maksutnya adalah program akan melakukan perintah awal yaitu mengkoneksikan Form Bukutamu dengan database dengan sever localhost, username root, dan password kosong.

itu merupakan standar penulisannya, namun, apabila database kalian beri password, maka password harus kalian isi sesuai dengan password yang kalian beri.

Kedua
mysql_select_db("bukutamu") : Setelah langkah diatas selesai diproses oleh mesin, selanjutnya mesin akan membaca perintah  mysql_select_db("bukutamu") yaitu memilih database yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan data dari hasil inputan Form Bukutamu.
 
lalu, cara membuat databasenya gimana...? aku kan masih pemula dengan bahasa pemrograman PHP.

Tenang, nanti saya akan memberikan tutorial sendiri bagaimana cara membuat databasenya, kalian bisa baca artikel dibawah ini.


Baca Juga : 


Lanjut, kepenjelasan berikutnya yaitu bagian source code berikut :

$No = $_GET['id'];
$sql = "DELETE FROM bukutamu WHERE id='$No'";


1).
$No = $_GET['id'];
Untuk nama yang berawalan $, itu merupakan sebuah variabel dari program, jadi tidak harus $No melainkan terserah si programmernya, entah itu $N atau $no, yang terpenting dapat mepersingkat penulisan source code, dan juga mudah dalam pemanggilan ulang nantinya. 

Untuk $_GET['id']; maksutnya adalah program akan mengambil id yang menjadi primary key pada tabel bukutamu.

2).
$sql = "DELETE FROM bukutamu WHERE id='$No'"; $sql : adalah sebuah variabel, jadi $sql merupakan wadah dari isi "DELETE FROM bukutamu WHERE id='$No'";,

DELETE FROM bukutamu WHERE id='$No'"; : Maksutnya program akan menghapus dari tabel yang kita tuju, misalkan tabel yang kita tuju adalah bukutamu, maka yang menjadi Primary Key dalam bukutamu itu lha yang akan dicari oleh program dengan bahasa WHERE, untuk Primary key dalam tabel bukutamu yang sudah kita buat adalah id, jadi penulisan source code adalaha WHERE id dan kita kembalikan ke variabel awal $_GET tersebut yaitu $No, kenapa..?

Sebab, perintah itu akan dijadikan bukti bahwa program telah mengambil data yang diperintahkan untuk mengapus data yang ada pada database.
  
untuk yang selanjutnya yaitu source code untuk eksekusi program, dengan code sebagai berikut :
if($qry){
//    echo "Data Berhasil di Hapus";
    include "Tampil.php";
}
else
    echo " Gagal Menghapus Data";
    exit; 

Nah, untuk source code yang satu ini adalah hasil dari pembacaan program yang sudah dilakukan oleh mesin, maksut dari bahasa pemrograman diatas adalah :


apabila data benar dalam eksekusi data dengan variabel $qry > $sql maka program akan menampilkan inputan tulisan Data Berhasil di Hapus, dan program akan menampilkan file Tampil.php
"File Tampil.php...? perasaan Dunia Programming belum buat tutorialnya deh..?"
Iya, memang Dunia Programming belum membuatnya, akan tetapi Dunia Programming akan membuat Tampil.php tersebut nantinya, amak dari itu simak dan ikuti terus tutorial-tutorial Dunia programming lainnya dengan cara subscribe Website Dunia Programming.

Lanjut penjelasan berikutnya, untuk yang else, maksutnya apabila program salah, maka akan tampil tulisan Gagal Menghapus Data.

Ouh iya, satu lagi kawan, untuk source code ini :

mysql_query($sql) or die ("Query Gagal" .mysql_error());

nah, untuk yang terakhir ini, maksutnya adalah, apabila proses benar, maka program akan melakukan langkah yaitu menghapus data yang diinputkan oleh pengguna atau menghapus data yang ada pada tabel bukutamu.

apabila salah, maka browser akan menampilkan tulisan "Query Gagal".

Setelah semuanya kalian fahami, selanjutnya kita lakukan pengecekan pada Form Bukutamu kita, apakah sudah bekerja dengan baik atau tidak.

Setelah kalian inputkan, selanjutkan klik tombol simpan, akan muncul Tampilan data yang sudah kita inputkan tadi, kemdian coba kalian klik tombol Hapus.

"Eh, saya kan belum dapat tutorial File Tampil.php nya, jadi ya tidak bisa nampilin data yang ada di database dong..?"
Oh iya lupa hehehe, baca dulu ya tutorial dibawah ini agar data yang ada pada database dan ditabel bukutamu bisa ditampilkan pada Web Browser. 


Baca Juga :


Bagaimana..? Sukses Bukan..?.
 

Sekian dulu penjelasan dari saya, apabila kalian belum faham atau masih bingung atau juga mengalamai masalah pada saat pembuatan Form Bukutamu. silahkan, kalian dapat meninggalkan koemntar pada kolom komentar dibawah artikel ini, atau bisa juga kirim email dengan cara menekan tombol bagian footer (bawah website) dan isi data diri kalian dengan benar. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Hapus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel